Transformasi Energi: PLN Icon Plus Berkomitmen pada Proyek FO-nisasi AMI

Selasa, 04 Juni 2024 | 18:03:00 WIB

JAKARTA - PLN (Persero) bersama dengan PLN Icon Plus sedang mempercepat proyek penggantian meteran listrik konvensional dengan Advanced Metering Infrastructure (AMI). AMI adalah sistem pengukuran listrik yang memungkinkan komunikasi dua arah antara meteran listrik dan penyedia layanan kelistrikan, memungkinkan pengumpulan data konsumsi listrik secara otomatis dan real-time.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, melakukan pengecekan langsung di Bali pada 14 Mei 2024 untuk melihat kesiapan dan kendala di lapangan, termasuk mengunjungi berbagai lokasi seperti PoP ICON+, lokasi Daily Check Up (DCU), dan pengecekan gudang material mitra terkait proyek FO-nisasi. Ari menekankan pentingnya menjalankan proses pekerjaan dengan baik, memastikan infrastruktur kabel dan core terdata dengan baik, dan selalu mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Arsitektur digital dalam sektor ketenagalistrikan adalah kunci transformasi PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Ari. "Salah satunya adalah dengan implementasi smart meter berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI). Harapan kami dengan proyek ini adalah mempercepat transformasi digital di sektor energi untuk memberikan layanan listrik yang lebih efisien, transparan, dan andal kepada pelanggan."

Pemasangan AMI tidak hanya dilakukan di Bali, tetapi juga di berbagai daerah lain seperti Jakarta-Banten, Medan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Makassar. PLN Icon Plus bertindak sebagai pengawas pekerjaan dalam proyek FO-nisasi AMI yang dilaksanakan di 7 SBU.

"Proyek ini adalah bagian dari dukungan PLN Icon Plus dalam pemasangan infrastruktur Advanced Metering Infrastructure (AMI). Melalui pemasangan kabel optik ini, data dari smart meter di rumah-rumah dapat dibaca secara real-time," ujar General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Bali & Nusa Tenggara, Iwan Sofyan Sory.

Transformasi digital yang digagas oleh PLN diharapkan dapat memberikan manfaat lebih bagi pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan, dan optimalisasi AMI merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi PLN sebagai perusahaan energi kelas dunia yang unggul dan terpercaya.

Terkini