Menuju Ketenagalistrikan Ramah Lingkungan: PLN Icon Plus Bangun Infrastruktur Telekomunikasi Terintegrasi di IKN

Jumat, 07 Juni 2024 | 16:49:48 WIB

JAKARTA - Untuk mewujudkan Sistem ketenagalistrikan yang cerdas dan futuristik, PLN Icon Plus sedang membangun sistem telekomunikasi yang handal untuk smartgrid dan digitalisasi IKN secara terintegrasi. Langkah ini sejalan dengan pemberian Hak Perlintasan dari Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN pada Desember 2023.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi berbasis fiber optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan ditandai dengan dimulainya pembangunan PLN Hub sebagai pusat listrik pintar, telekomunikasi, dan pusat digital. PLN dan PLN Icon Plus melakukan upacara peresmian Smart Electricity, Telecommunication, and Digital Centre sebagai bentuk komitmen mereka untuk mendukung transisi energi dan digitalisasi di IKN.

Acara peresmian PLN Hub dilangsungkan di IKN dengan kehadiran langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo menyambut pembangunan PLN Hub dengan mengatakan, “Saya sangat menghargai pembangunan PLN Hub yang akan menjadi pusat bagi semua pemangku kepentingan dan mitra yang terkait dengan PT PLN.”

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, serta jajaran direksi PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus. PLN Hub akan berfungsi sebagai pusat kontrol untuk sistem telekomunikasi dan pusat digital yang dibangun secara terintegrasi dengan tingkat kehandalan yang tinggi.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menyatakan, “Kami bersyukur diberi kesempatan untuk mewujudkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan ramah lingkungan dalam hal ketenagalistrikan. Pembangunan PLN Hub di pusat IKN merupakan langkah penting. Kami merancang PLN Hub dengan menggabungkan konsep ramah lingkungan dan melibatkan para arsitek terbaik di Indonesia. Kami yakin PLN Hub akan menjadi pusat riset dan pengembangan, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia.”

"Sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), PLN Icon Plus memiliki peran kunci dalam menyokong infrastruktur telekomunikasi yang handal di IKN untuk menjamin keandalan sistem ketenagalistrikan yang modern dari PLN serta sebagai tulang punggung bagi penyedia layanan telekomunikasi tetap dan seluler guna membangun konektivitas di IKN," tambah Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PLN Icon Plus.

PLN Icon Plus berkomitmen untuk mendukung pengembangan berkelanjutan di IKN dengan menyediakan layanan telekomunikasi terkini yang didukung oleh infrastruktur modern dan andal, untuk mewujudkan ekosistem ‘Smart, Green, & Beautiful’ di IKN.

Selain itu, PLN Icon Plus juga memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan dan berkomitmen untuk menyediakan layanan beyond kWh di IKN, termasuk solusi seperti internet, kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), dan Smart Home, yang semuanya dirancang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN.

Dengan kegiatan groundbreaking ini, PLN Icon Plus menegaskan komitmennya untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan ramah lingkungan, yang tidak hanya bertujuan untuk keberlanjutan lingkungan tetapi juga mendorong inovasi dalam sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Halaman :

Terkini