PLN Icon Plus dan Jaringan Telekomunikasi Modern untuk IKN yang Hijau

Kamis, 06 Juni 2024 | 16:45:21 WIB

JAKARTA - Untuk mewujudkan sistem ketenagalistrikan yang modern dan futuristik, PLN Icon Plus sedang membangun sistem telekomunikasi yang handal untuk smart grid dan digitalisasi IKN secara terintegrasi. Langkah ini sejalan dengan pemberian Hak Perlintasan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pada Desember 2023 kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi berbasis fiber optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan ditandai dengan dimulainya pembangunan PLN Hub sebagai pusat listrik pintar, telekomunikasi, dan digital.

PLN dan PLN Icon Plus bersama-sama meresmikan Smart Electricity, Telecommunication, and Digital Centre sebagai komitmen dalam mendukung transisi energi dan digitalisasi IKN.

Acara peresmian PLN Hub dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo menyatakan apresiasinya, "Saya sangat menghargai pembangunan PLN Hub yang akan menjadi tempat berkumpulnya semua stakeholder dan mitra PT PLN."

Selain itu, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dan Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi bersama jajaran direksi dari kedua perusahaan turut hadir dalam acara tersebut. PLN Hub akan menjadi pusat pengendalian sistem telekomunikasi dan digital yang dibangun dengan tingkat keandalan yang tinggi.

Darmawan Prasodjo menyatakan, "Kami bangga dapat menjadi bagian dari visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan ramah lingkungan dalam sektor ketenagalistrikan."

Ari Rahmat Indra Cahyadi menambahkan, "Sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), PLN Icon Plus memiliki peran penting dalam menyediakan infrastruktur telekomunikasi yang handal di IKN untuk mendukung sistem ketenagalistrikan modern dari PLN serta konektivitas bagi penyedia layanan telekomunikasi lainnya."

PLN Icon Plus berkomitmen untuk menyediakan layanan telekomunikasi yang andal dengan infrastruktur modern guna mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN dan ekosistem 'Smart, Green, & Beautiful'.

Selain itu, PLN Icon Plus juga memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan dan berkomitmen menyediakan layanan beyond kWh di IKN, termasuk solusi seperti internet, kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), dan Smart Home untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan di IKN.

Melalui langkah ini, PLN Icon Plus menunjukkan komitmen untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan ramah lingkungan serta mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Halaman :

Terkini