PLN Icon Plus dan Masa Depan Infrastruktur Telekomunikasi di IKN

Kamis, 06 Juni 2024 | 16:42:05 WIB

JAKARTA - Untuk mewujudkan Sistem ketenagalistrikan yang cerdas dan berorientasi pada masa depan, PLN Icon Plus sedang membangun sistem telekomunikasi yang handal untuk smart grid dan digitalisasi Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) secara terintegrasi. Langkah ini sejalan dengan pemberian Hak Perlintasan dari Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN pada Desember 2023.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi berbasis serat optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan dimulai dengan pembangunan PLN Hub sebagai pusat listrik pintar, pusat telekomunikasi, dan digital. PLN dan PLN Icon Plus melakukan kegiatan Groundbreaking untuk Smart Electricity, Telecommunication, and Digital Centre sebagai komitmen dalam mendukung transisi energi dan digitalisasi di IKN.

Groundbreaking PLN Hub dilaksanakan di IKN dengan kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo menyatakan apresiasinya terhadap pembangunan PLN Hub yang akan menjadi pusat bagi semua pemangku kepentingan terkait PT PLN.

Acara Groundbreaking ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, serta jajaran direksi PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus. PLN Hub diharapkan akan menjadi pusat pengendalian sistem telekomunikasi dan pusat digital yang terintegrasi dengan tingkat kehandalan yang tinggi.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menyatakan bahwa PLN diberi kepercayaan untuk mewujudkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan ramah lingkungan dari segi ketenagalistrikan, dengan membangun PLN Hub di pusat IKN.

PLN Icon Plus, sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), berperan penting dalam menyediakan infrastruktur telekomunikasi yang handal di IKN untuk mendukung keandalan sistem ketenagalistrikan yang modern, serta sebagai backbone telekomunikasi bagi penyedia layanan broadband tetap maupun seluler di IKN.

PLN Icon Plus berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN dengan menyediakan layanan telekomunikasi yang andal, didukung oleh infrastruktur modern untuk menciptakan ekosistem 'Smart, Green, & Beautiful' di IKN.

Selain itu, PLN Icon Plus juga memperkenalkan inisiatif-inisiatif ramah lingkungan lainnya dan berkomitmen untuk menyediakan layanan beyond kWh di IKN, termasuk internet, kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), dan Smart Home, yang semuanya dirancang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN.

Dengan kegiatan groundbreaking ini, PLN Icon Plus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan ramah lingkungan, serta mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Halaman :

Terkini